AKM Jenjang SD

Tahun ini, AKM mulai dilaksanakan. AKM merupakan kepanjangan dari Assesmen Kompetensi Minimal. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu bagian dari AN 2021. Namun, AKM dalam Asesmen Nasional ini tidak melaporkan hasil individu di tingkat satuan pendidikan. Tujuan pelaksanan AKM ini untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan di satuan pendidikan. AKM diikuti semua tingkat satuan pendidikan dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Namun tidak semua siswa bisa mengikuti AKM tahun ini

Peserta AKM ditentukan oleh pusat, untuk jenjang SD peserta AKM hanya 30 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan AKM di jenjang SD dilakukan pada tanggal 15-18 November 2021. Namun untuk mempersiapan AKM ini SD Al Falah Darussalam membekali semua siswa kelas 5 materi AKM berupa materi literasi dan numerasi. Selama kurang lebih 3 bulan ini siswa kelas 5 menerima materi AKM tersebut. Sebelum pelaksanaan AKM, pusat melakukan dua kali simulasi dan satu kali gladi bersih. Sebelum pelaksanaan gladi bersih dilakukan sikronisasi gladi bersih oleh proktor AKM pada tanggal 23-24 Oktober 2021. Setelah sinkronisasi baru sekolah mendapatkan jadwal gladi bersih. SD Al Falah Darussalam mendapatkan jadwal gladi bersih di gelombang pertama pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2021.

Pada hari pertama peserta AKM melaksanakan gladi bersih dengan 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 8.00-09.30 sedangkan sesi kedua dilaksanakan pukul 13.00-15.30. AKM dilaksanakan di laboratorium komputer dengan materi yang diujikan adalah materi literasi, numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan sebanyak 35 soal untuk hari pertama. Sedangkan di hari yang kedua mengerjakan 37 soal dengan materi yang sama. Anak-anak sangat antusias dalam melaksanakan gladi bersih ini tetapi ada juga yang masih deg degan karena ini pertama kalinya mereka melaksanakan ujian berbasis komputer.

Setelah pelaksanaan gladi bersih, untuk mempersiapan anak-anak menghadapi AKM anak-anak diberikan intensif AKM selama dua minggu yang dilaksanakan setiap hari. Dari hari senin sampai jumat pada pukul 13.30 – 14.30. Dengan adanya intensif AKM tersebut diharapkan anak-anak bisa lebih siap dalam menghadapi AKM tahun ini. SD Al Falah Darussalam mendapatkan jadwal ujian AKM di gelombang pertama pada tanggal 15 dan 16 November. Sama seperti waktu gladi bersih anak-anak dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi 1 pukul 8.00-10.30 dan sesi 2  pukul 13.00-16.00. Tetapi untuk soal yang diujikan ada sedikit perbedaan. Di hari pertama anak-anak mengerjakan soal literasi dan survei karakter saja, sedangkan di hari kedua anak-anak mengerjakan soal numerasi dan survei lingkungan. Alhamdulillah pelaksanaan AKM berjalan lancar dari dari pertama sampai hari kedua meskipun di hari kedua pada sesi kedua ada sedikit kendala dengan jaringan internet karena cuaca mendung dan hujan. Tetapi masalah tersebut dapat langsung teratasi sehingga anak-anak dapat melaksanakan AKM sesuai jadwal yang ditentukan.

By: Muslimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *