MEMBUAT VLOG HARI RAYA IDUL ADHA

Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Waru, Sidoarjo selalu memberikan penugasan yang kreatif. Kali ini wakil kepala sekolah SD Al Falah Darussalam bagian kesiswaan, Ustad Badrul Imam memberi penugasan di hari libur Tasyrik (21,22 dan 23 Juli 2021) melalui wali kelas masing-masing untuk membuat cerita atau video/vlog kegiatan di hari Tasyrik. Tugas tersebut disambut gembira oleh peserta didik.

Video berdurasi sekitar 1 sampai 3 menit itu diunggah ke media sosial peserta didik atau orang tua. Tentu saja hal itu bertujuan agar dapat menginspirasi penonton. Bintang Az Zahra, siswi kelas 5D melakukan vlog bersama adiknya yang bernama Bintang Al Hafidz, siswa kelas 3D . Mereka memasak olahan daging qurban yaitu rendang daging sapi khas Padang, Sumatera Barat. Kakak beradik itu menggunggah video memasaknya ke kanal YouTube. Mereka menunjukkan bahan dan bumbu untuk membuat rendang, seperti daging sapi yang telah dipotong-potong tipis agar mudah empuk, bumbu dasar bawang putih dan bawang merah serta bumbu khas rendang yang siap saji serta santan. Kemudian mereka mendemokan memasak rendang sampai matang.

Sementara itu, Mirza Aulia Ramadhani, siswa kelas 3D membuat vlog dan diunggah ke media sosial instagram. Dia menjelaskan proses saat akan menyembelih hewan qurban miliknya. Pertama-tama hewan qurban yaitu kambing dibawa ke lapangan masjid dekat rumahnya. Kemudian penyembelihan dilakukan sesuai syariat Islam, yakni hewan qurban dirobohkan dengan kepala menghadap kiblat, penyembelih juga menghadap ke kiblat. Diawali dengan membaca basmalah, kemudian takbir tiga kali lalu hamdalah satu kali. Dilanjutkan dengan membaca selawat nabi dan terakhir doa. Penyembelihan dilakukan sekali dengan gerakan memotong pada leher hewan kurban, gantung kaki belakang kambing setelah disembelih, ikat saluran makanan dan duburnya. Mirza menyampaikan proses penyembelihan hingga selesai. Dia juga menyampaikan bahwa semua petugas memakai masker dan menjaga jarak karena sekarang masa pandemi Covid-19. Kemudian dia membawa bagian daging qurban yang menjadi haknya untuk dimasak di rumah.

Tugas video/vlog itu dikirim ke wali kelas berupa link. Kemudian wali kelas memberi apresiasi berupa ucapan pujian dan terima kasih telah menyelesaikan tugas dengan baik. Wali kelas juga menekan tombol like pada unggahan tersebut. Menurut wali kelas 5, Ustadzah Nur Kumala bahwa penugasan dari sekolah membuat anak-anak menjadi mandiri dan merdeka belajar. Mereka mencari resep dan menyampaikan ide kepada orang tua untuk memasak kesukaan mereka. Hal itu ditujukkan dengan beragamnya video yang mereka kirimkan ke wali kelas. Seluruh kelas 5 mengunggah video vlog memasak olahan daging qurban. Selain rendang, ada juga yang memasak bistik, teriyaki, sate kambing, gulai, sop iga sapi dan bahkan Rania, kelas 5D memasak masakah khas Gresik, yaitu daging krawu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Silahkan klik Customer Service di bawah untuk berkomnikasi via WhatsApp atau melalui email alfalah.darussalam@yahoo.com

× Ada yang bisa kami bantu