Setelah libur panjang menikmati perayaan hari Raya Idul Fitri 1442 H, siswa kelas 6 dihadapkan oleh ujian sekolah berbasis online dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Google Form. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari yaitu tanggal 24, 25, 27, 28, dan 29 Mei 2021. Diawali dengan berdoa, murojaah, mengecek kehadiran siswa, dan pemberian motivasi oleh wali kelas masing-masing. Meskipun ujian sekolah dilaksanakan secara online dan dikerjakan di rumah, wali kelas juga tidak lupa mengecek kelengkapan yang harus dipatuhi oleh siswa kelas 6. Misalnya memakai seragam lengkap yang telah dijadwalkan. Wali kelas mengecek kelengkapan seragam dengan meminta semua siswa untuk berdiri agar dapat terlihat sampai bawah.

Alhamdulillah dari hari pertama sampai akhir siswa kelas 6 menunjukkan kedisiplinannya dalam mematuhi aturan memakai seragam lengkap. Wali kelas 6 juga mengingatkan untuk meminta doa restu terlebih dahulu pada kedua orang tua. Melalui restu dari orang tua diharapkan siswa kelas 6 mendapatkan ridho dari Allah SWT agar dimudahkan dalam mengerjakan soal ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebelum link soal ujian sekolah dibagikan oleh pengawas. Peserta ujian diingatkan kembali tentang tata tertib selama mengerjakan soal. Salah satunya adalah tetap menyalakan kamera dan suara. Hal tersebut diharapkan akan meminimalkan peserta ujian untuk berbuat curang. Selain itu juga meminta peserta ujian untuk berada pada tempat yang aman, nyaman, tidak ramai, dan memastikan kondisi jaringan internet tersambung dengan lancar sampai ujian berakhir.

Setelah dipastikan peserta ujian sekolah telah siap dengan kamera dan suara yang menyala, pengawas membagikan link soal dari Google Form melalui Chat Zoom. Peserta ujian dapat memulai mengerjakan soal ujian dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *