Begini Kegiatan Pondok Ramadhan 2021 di SMP Al Falah Darussalam Sidoarjo

SMP Al Falah Darussalam Sidoarjo mengisi kegiatan dalam Bulan Suci Ramadhan 2021, 1442 Hijriah ini dengan mengusung tema “Ramadhan Sharing and Inspiring” mulai 15 April 2021 sampai 5 Mei 2021. Kegiatan yang dilakukan secara online tersebut dimeriahkan sejumlah murid yang terpilih sebagai pemateri acara.

Salah satu murid yang terpilih dan berkesempatan mengisi acara sebagai pemateri, Raisya Khalila Poetry Ramadhani, siswi kelas 7-3 SMP Al Falah Darussalam, Sidoarjo. Khalila, sapaan akrab Raisya Khalila Poetry Ramadhani ditunjuk untuk mengisi materi tentang Workshop Game Islami menggunakan aplikasi Roblox, kepada 83 murid, atau peserta dari seluruh murid kelas 7 SMP Al Falah Darussalam Sidoarjo.

Aplikasi Roblox merupakan media untuk mengajak peserta agar tidak hanya bisa memainkan game saja. Tapi, membuat dan mengembangkan game dari alpikasi Roblox. Dalam kesempatan tersebut, Khalila mengajak agar peserta bisa memanfaatkan aplikasi Roblox, dengan baik. Peserta bisa mendesain, berkreasi untuk hal baik seperti, mendesain konten dalam game tersebut dengan nilai Islami yang ada di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan menyambut Bulan Suci Ramadahan 2021, 1442 Hijriah ini memberi warna tersendiri dari tahun sebelumnya, untuk SMP Al Falah Darussalam, Sidoarjo. “Pengisi materi kegiatan ramadhan tahun sebelumnya hanya dari para guru saja. Kali ini berbeda. Pengisi materi melibatkan murid sebagai pengisi materi,” ujar Doni, Ketua Penanggung Jawab Kegiatan Ramadhan.

Wakil Kepala Bagaian Kesiswaan, Farid Fajar Handhika SMP Al Falah Darussalam, Sidoarjo mengatakan, serangkaian acara ramadhan ini telah dilakukan dan melibatkan seluruh civitas sekolah. Menurut Dhika, sapaan Farid Fajar Handhika, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengubah mindset siswa.

Game yang seringkali dianggap negatif bisa menjadikan positif apabila dioptimalkan dengan baik. Melalui kegiatan itu, anak-anak diberikan pendampingan belajar kreativititas. “Mereka tidak hanya sebagai pemain saja. Tapi, mereka bisa mengembangkan sebuah game yang isi game tersebut mengandung nilai-nilai dakwah yang Islami,” tuturnya.

“Serangkaian kegiatan sudah dimulai, ini memasuki acara tengah. Dan nanti ada acara puncaknya sekaligus pemberian reward kepada siswa berprestasi,” sambungnya. Ada pun reward atau penghargaan bagi siswa berprestasi dalam kategori, Peserta Terbaik Amalan Harian Ramadhan, Siswa Pengisi Materi, Karya Terbaik Konten Dakwah, MC Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Silahkan klik Customer Service di bawah untuk berkomnikasi via WhatsApp atau melalui email alfalah.darussalam@yahoo.com

× Ada yang bisa kami bantu