SD dan SMP Al Falah Darussalam Buktikan Kesuksesan di Robotic? Apa manfaat dan Hubunganya dengan Pelajaran Sekolah?

Perkembangan zaman tidak pernah lepas dari perkembangan teknologi. Robot adalah salah satu teknologi yang secara umum fungsinya untuk mempermudah dan menggantikan tugas manusia  yang bersifat rutinitas.

Robot mulai muncul sekitar pada 1937, didesain untuk punya tugas mengatur dan menyusun balok dan atau hasil produksi. Robot dibuat untuk mempercepat proses di produksi. Sesuai dengan berkembangnya aplikasi robotika bertambah lebih canggih tidak hanya menyeleksi dan meletakkan, hingga pada proses perakitan dan pengelasan seperti di perusahaan mobil pun bisa dilakukan.

Mengapa Ekstrakurikuler Robotic, Apa manfaatnya dan Prestasinya?

Mengapa Ekstrakurikuler Robotic perlu diadakan di sekolah? Karena sangat besar manfaatnya dan layak . Manfaat belajar robotic adalah sebagai berikut:

  1. Merangsang berpikir sistematis dan ter-struktur dalam menyelesaikan sebuah masalah.
  2. Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
  3. Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas .
  4. Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatif nya.
  5. Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu proyek.

Berdasarkan manfaat yang sudah disebutkan diatas maka sejak lama SD dan SMP Al Falah Darussalam mengadakan Ekstrakurikuler Robotic. Alhamdulillah keberhasilan nya dibuktikan dengan prestasi menjadi juara Robotic di Lomba Kreasi Mobil Pegas Tingkat Nasional 2020 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Juara 1 diraih oleh M. Ghaniyu Al Wathon, Siswa kelas 5 SD Al Falah Darussalam
  2. Juara 2 diraih oleh Massuta Rajasah Abdillah, siswa kelas 7 SMP Al Falah Darussalam.
  3. Juara Harapan 2 diraih oleh Saladin Kayyana, siswa kelas 5 SD Al Falah Darussalam

Lomba Kreasi Anak Indonesia tersebut diatas dilaksanakan pada  tanggal 15 -30 Juli 2020 dengan Point/Kriteria penilaian keunikan, kreatifitas detail tampilan, kelancaran saat demo, serta jarak yang ditempuh. Pembimbing utama siswa adalah Ustadz Achmad Choiruman. Semoga menjadi ilmu jariyahnya. Aamiin

Selain manfaat yang sudah disebutkan apa hubungannya dengan pelajaran di sekolah? Hubungan kegiatan robotic dengan mata pelajaran di sekolah adalah sebagai bentuk aplikasi dari pelajaran matematika, science dan teknologi, fisika, desain, Mekanika,
Elektronika, dan Pemrograman dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kaitannya dengan Matematika : Menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menyajikan kondisi kondisi tertentu. Menghitung, mengukur dan mengestimasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas) dan statistic.
  2. Kaitannya dengan Science dan Teknologi :Pengetahuan tentang sistem robotika. Pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.
  3. Kaitannya dengan Komputer dan Pemrograman.
  4. Kaitannya dengan Fisika : Penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Silahkan klik Customer Service di bawah untuk berkomnikasi via WhatsApp atau melalui email alfalah.darussalam@yahoo.com

× Ada yang bisa kami bantu