Lomba Outbound Online SMP Al Falah Darussalam dan Hikmahnya

Di tengah pandemi Covid 19 guru-guru dan siswa SMP Al Falah Darussalam tetap semangat dalam mengajar dan belajar. Ide kreatif bermunculan dari semua guru mulai dari belajar teknologi membuat media pembelajaran hingga strategi pengajaran. Tahun baru Hijriyah sebagai salah satu moment untuk mengubah strategi pengajaran melalui lomba online dengan nama “Lomba Outbound Online”. Lomba tersebut persis menyerupai Olimpiade. Pertanyaaan yang diberikan seputar pelajaran sekolah sesuai dengan jenjangnya masing-masing serta pengetahuan umum lainya. Semua peserta atau siswa sangat antusias mengikuti lomba terebut.

Lomba Outbound Online dilakasanakan pada hari Rabu 19 Agustus 2020 secara online bertajuk “Outbond Online SMP Al Falah Darussalam Semarak Muharram”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 7, 8, dan 9 yang diacak menjadi 10 kelompok terdiri dari 5 kelompok sholih dan 5 kelompok sholihah. Pada babak penyisihan lomba dilaksanakan melalui via google meet, sedangkan pada babak final dilaksanakan melalui via google meet dan siaran langsung via youtube. Pemenang dari lomba ini diraih oleh Kelompok 1 Sholih dan Kelompok 5 Sholihah.

Lomba yang dalam bahasa arabnya adalah musabaqah mempunyai hikmah yang besar diantaranya memotivasi orang untuk melakukan dan memberikan yang terbaik, melatih semangat juang, melatih mental untuk bersikap kesatria siap menang dan kalah, menjadikan orang lebih sportif, melatih orang untuk bersikap kritis dan kreatif,  belajar membuat dan mengatur strategi dan masih banyak lagi hikmah yang lainya. Ulama memandang lomba (musabaqah) sama dengan jenis perlombaan yang membuat orang berlatih untuk berjihad seperti yang disampaikan oleh Ibnu Taimiyah;

السباق بالخيل والرمي بالنبل ونحوه من آلات الحرب مما أمر الله به ورسوله مما يعين على الجهاد في سبيل الله

“Perlombaan kuda, melempar, memanah dan semisalnya merupakan alat-alat untuk berperang yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya untuk membantu jihad fi sabilillah” (dinukil dari Al Mulakhas Al Fiqhi, 2/156).

Islam juga memerintahkan umatnya untuk melatih diri untuk memiliki semangat juang yang nantinya diarahkan untuk membela agama Allah atau untuk berjihad di jalan Allah. Allah berfirman dalam surat Al Anfal ayat 60 yang berbunyi :

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ

Artinya: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi” (QS. Al Anfal: 60).

Rasulullah Muhammad SAW menyampaikan dalam suatu hadits agar kita sebagai umat muslim untuk selalu melatih skill dan kekuatan kita. Sahabat Uqbah bin Amir radhiallahu’anhu meriwayatkan :

سمعتُ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ ، وهو على المنبرِ ، يقول وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ . ألا إنَّ القوةَ الرميُ

Artinya: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkhutbah di atas mimbar. Tentang ayat dan persiapkanlah bagi mereka al quwwah (kekuatan) yang kalian mampu‘ (QS. Al Anfal: 60) Rasulullah bersabda: ‘ketahuilah bahwa al quwwah itu adalah skill menembak (sampai 3 kali)’” (HR. Muslim no. 1917).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Silahkan klik Customer Service di bawah untuk berkomnikasi via WhatsApp atau melalui email alfalah.darussalam@yahoo.com

× Ada yang bisa kami bantu