JEPANG. Mengkaji negara Jepang selalu akan muncul kesan terkait teknologi dan inovasi. Teknologi Jepang tersebar di seluruh penjuru dunia, dengan bentuk dan inovasi yang sangat mengagumkan. Salah satu ciri dari teknologi Jepang adalah efektif dan efisien. Ternyata Jepang tidak hanya hebat dalam hal teknologi mesin, tapi juga luar biasa dalam teknologi pangan. Salah satunya adalah Yakult.

Yakult adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Percernaan menjadi organ yang sangat penting untuk dijaga karena pencernaan menjadi penyebab dari munculnya 70 lebih penyakit pada tubuh. Inilah yang mendorong Yakult berekspansi ke 4 Benua dan lebih dari 40 negara di dunia, yakni menjaga pencernaan untuk selalu sehat. Hal ini menjadi tag line Yakult, Cintai Ususmu.

Pada Selasa, 7 Januari 2020 siswa kelas 8 SMP Al Falah Darussalam berkesempatan mengunjungi Pabrik Yakult yang berada di komplek Ngoro Industrial Park Mojokerto. Disambut langsung oleh 2 instruktur yang sangat ramah menyambut kedatangan kami langsung diberikan brefing untuk menelusuri aktivitas produksi dari Yakult. Mulai proses pembibitan, fermentasi, pencampuran gula dan air, proses pencetakan botol, penyimpanan botol, pengisian botol, pengemasan dan terakhir adalah penyimpanan di ruang pendingin.

Dengan teknologi produksi yang luar biasa, satu mesin dengan mesin terintegrasi satu sama lain menyebabkan proses produksi sangat cepat, dalam satu hari dapat memproduksi 4.860.000 botol perhari, dengan setiap tahap proses produksi harus melalui uji control untuk dapat ke proses selanjutnya. Kunjungan SMP Al Falah Darussalam Tropodo mendapat pelajaran yang sangat berharga tentang dedikasi, keuletan, teknologi, inovasi, sistem, kebersihan, dan pelayanan akan pentingnya memberikan yang terbaik bagi sesama demi kualitas hidup yang lebih baik. Semoga generasi SMP Al Falah Darussalam Tropodo dapat menjadi bagian dari penemuan-penemuan besar untuk kemaslahatan umat manusia di seluruh dunia. Aamin.