ONE DAY SCHOOL ASYIK DAN SARAT MAKNA

Seharian di sekolah? Pasti seru sekali! Itulah ekspresi siswa-siswi TK B TK Al Falah Darussalam ketika ustadzah menginformasikan bahwa pada hari Rabu 30 Oktober 2019 mereka akan diajak mengikuti kegiatan One Day School atau sekolah sampai sore seperti kakak-kakak SD dan SMP. Antusiame anak-anak bahkan telah ditunjukkan beberapa hari menjelang pelaksanaan kegiatan. One Day School merupakan kegiatan tahunan khusus untuk siswa-siswi TK B yang bertujuan untuk memberikan pengalaman berharga tentang kemandirian, tanggung jawab, disiplin serta kebersamaan.
Ketika hari yang ditunggu tiba, anak-anak datang lebih pagi dengan membawa perlengkapan mandi, baju ganti serta bantal dan bahkan guling untuk menemani tidur siangnya. Mengaji merupakan kegiatan pertama yang diikuti anak-anak, setelah senam pagi mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang pergi berbelanja ke pasar tradisional, belanja ke toko Karunia, menyiapkan aula untuk tempat sholat dan menjadi pasukan semut untuk membersihkan kelas-kelas dan lingkungan di sekitar sekolah.
Tiap kegiatan diikuti dengan penuh keceriaan, termasuk ketika anak-anak belanja ke pasar tradisional untuk membeli tahu, tempe, sayur, buah, beras dan macam-macam bumbu lainnya. Meskipun hampir semuanya belum pernah diajak orangtua belanja ke pasar tradisional, dengan percaya diri mereka bisa melakukan transaksi jual beli tanpa kendala yang berarti. Sampai di sekolah, ada juga tim yang dengan sigap membantu ustadzah memetik sayur, mencuci buah serta membantu persiapan proses memasak makanan untuk makan siang.
Keseruan berlanjut dengan fun games yang bertujuan untuk membangun kerjasama tim, menumbuhkan leadership, meningkatkan konsentrasi dan melatih kepekaan anak-anak dalam pengendalian dirinya. Adapun macam games yang dilakukan adalah, memasukkan paku ke dalam botol, membawa air diatas tampah dengan tidak tumpah serta yang paling seru adalah game mencari jejak. Anak-anak mendapatkan petunjuk diatas kertas dan mulai memecahkan beberapa teka-teki dan tugas untuk bisa menemukan harta karun/hadiah yang telah disimpan di tempat tersembunyi. Kegembiraan tak terlukiskan tergambar pada wajah-wajah ceria mereka yang telah mendapatkan hadiah dengan penuh perjuangan.
Kemantapan spiritual siswa-siswi TK Al Falah Darussalam senantiasa diasah setiap harinya, begitupula pada kegiatan funday school kali ini. Murojaah hafalan surat-surat pendek dalam Al quran dilakukan setelah anak-anak berwudhu dan bersiap menunggu pelaksanaan sholat Dhuhur dan Ashar secara berjamaah. SubhanAllah anak-anak bisa mendengarkan kultum, berdzikir dan berdo’a dengan khusyu’ dan tertib. Yang paling ditunggu tentu saja adalah tidur siang di sekolah setelah anak-anak makan siang dengan menu sehat dan lezat. Akhirnya, setelah mandi dan sholat Ashar anak-anak dipersilakan pulang dengan membawa sejuta cerita sarat makna untuk orangtua. (Ria)

Translate »