Membangun Kepedulian Siswa Via Jumber

Assalamu’alaikum………………………….. Suara siswi-siswi kelas 7.2 ketika akan memasuki rumah warga dalam rangka Jumber (Jumat berbagi). Mungkin kegiatan tersebut jarang dipraktikkan di sekolah-sekolah. Namun, di SMP Al Falah Darussalam kegiatan tersebut sudah menjadi kebiasaan siswa-siswinya. Setiap kegiatan yang dilaksanakan selalu dikaitkan dengan karakter yang akan dibentuk. Kebetulan pada semester dua kelas 7 ini, karakter yang akan dibentuk yaitu peduli.

Apalagi di era generasi milenial ini kepedulian anak semakin menurun. Hal sepele saja bisa dilihat dalam sebuah keluarga, masing-masing antaranggota keluarga tidak tegur sapa karena sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri. Biasanya gadget menjadi faktor utama pemicu kepedulian terhadap sesama menurun. Melihat dari kasus seperti itu, akhirnya siswa-siswi mulai awal masuk kelas 7 dilatih berbagi dengan sesama, yang diawali berbagi dengan teman-teman dan warga sekolah.

Mengapa kami memilih hari Jumat? Karena hari Jumat adalah hari istimewa bagi umat Islam. Tapi tidak menutup kemungkinan setiap hari kami juga menerapkan kepedulian dalam segala aktivitas. Tujuan berikutnya setelah berbagi ke lingkup internal, siswa-siswi diajak mengenal lingkungan sekitar dengan adanya Jumber tersebut. Tujuan utama sebenarnya silaturahmi dan mengenal tetangga sekitar sekolah. Tetapi secara tidak langsung itu juga melatih kepedulian siswa dengan menyerahkan parcel yang sudah disiapkan.

Kegiatan Jumber tersebut disambut antusias oleh warga sekitar sekolah. Hampir semua warga mendukung adanya kegiatan itu. Mudah-mudahan Jumber berikutnya jangkauan berbagi yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Al Falah Darussalam makin meluas. Amiiin.

Translate »